Selasa, 31 Mei 2016

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi ~ Analisis menurut kamus besar Bahasa Indonesia adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya).

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi
Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi
Dalam linguistik, analisis atau analysis (analisa) adalah studi tentang bahasa untuk memeriksa secara mendalam struktur bahasa. Sedangkan kegiatan laboratorium, kata analisa atau analisis dapat juga berarti kegiatan yang dilakukan di laboratorium untuk memeriksa zat dalam sampel.

Namun, dalam perkembangannya, penggunaan analisis kata atau analisis akademisis sorotan, terutama di kalangan ahli bahasa. Penggunaan yang harus analisis. Hal ini karena analisis kata adalah kata pinjaman dari bahasa asing (Inggris) adalah analisis.

Alat Analisis Dalam Ilmu Ekonomi

Grafik dan kurva adalah alat analisis yang utama dalam teori ekonomi. Dalam teori yang lebih mendalam (advanced), matematika dan persamaan matematika memegang peranan yang sangat penting. Di samping itu statistik adalah alat analisis untuk mengumpulkan fakta dan menguji kebenaran teori ekonomi.

Kurva (Grafik) sering juga disebut sebagai diagram, bagan, mauoun chart. Pada dasarnya grafik berfungsi memberikan penjelasan kepada para pembaca grafik atau orang yang membutuhkan data. Grafik itu sendiri bisa memudahkan pembaca untuk mengetahui dan membaca data tanpa menggunakan kata - kata yang bertele-tele karena grafik menyajikan data dam bentuk angka dalam sebuah lembar kerja dalam bentuk visualisasi grafik.

Jenis-Jenis Analisis Ekonomi

1. Ekonomi Deskriptif

Ilmu ini merupakan suatu analisis ekonomi menggambarkan keadaan yang sebenarnya wujud dalam perekonomian (seperti keadaan petani di Jawa Tengah adalah tergolong sebagai ilmu ekonomi deskriptif.

2. Teori Ekonomi

Suatu pandangan-pandangan yang menggambarkan sifat hubungan yang wujud dalam kegiatan ekonomi dan ramalan tentang peristiwa yang terjadi apabila suatu keadaan yang mempengaruhinya mengalami perubahan.

3. Ekonomi Terapan

Bidang ini disebut juga sebagai teori kebijakan ekonomi yaitu cabang ilmu ekonomi yang menelaah tentang kebijakan ynga perlu dilaksanakan untuk mengatasi masalah-masalahekonomi.salah satu peranan teori ekonomi adalah berfungsi sebagai landasan dalam merumuskan kebijakan-kebijakan ekonomi.

Tujuan-tujuan yang dicapai yaitu :
  1. Mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat;
  2. Menciptakan kestabilan harga-harga; dan
  3. Mewujudkan distribusi pendapatan yang merata.

Referensi :

  1. Sadono Sukirno, Pengantar Teori Mikroekonomi, Edisi Ketiga, Raja grafindo Persada,
  2. Hardwick, Philip, Khan, Bahadur, and Langmead, Jhon. 1999. An Introduction to Modern Economics. Prentice Hall.
  3. Imam Asngari, 2004. Pengantar Ekonomi Makro, Forum Heds-FE Unsri, Inderalaya.
  4. http://artonang.blogspot.co.id/2016/05/ilmu-ekonomi.html
  5. http://artonang.blogspot.co.id/2016/05/pengertian-ekonomi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar